tentang nebula orion terdekat dengan bumi

tentang nebula orion


Sebelumnya kita membahas tentang nebula dan juga jenis - jenisnya, nah sekarang kita satu persatu kepoin jenis dari nebula tersebut dan kita mulai bicara tentang nebula orion terdekat dengan bumi kalau teman - teman tertarik dengan topik pembicaraan kita kali ini maka silahkan duduk yang manis dan yuk kita mulai.



tentang nebula orion


The Nebula Orion (juga dikenal sebagai Messier 42 , M42 , atau NGC 1976 ) adalah nebula menyebar terletak di Bima Sakti, menjadi selatan dari Orion Belt di konstelasi Orion. Ini adalah salah satu nebula paling terang, dan terlihat dengan mata telanjang di langit malam. M42 terletak pada jarak 1.344 ± 20 tahun cahaya dan merupakan wilayah terdekat dari pembentukan bintang masif ke Bumi. Nebula M42 diperkirakan berukuran 24 tahun cahaya. Ia memiliki massa sekitar 2.000 kali Matahari. Teks yang lebih tua sering menyebut Nebula Orion sebagai Nebula Besar di Orion atau Nebula Orion Besar.

Nebula Orion adalah salah satu objek yang paling banyak diteliti dan difoto di langit malam, dan di antara fitur-fitur langit yang paling banyak dipelajari. Nebula telah mengungkapkan banyak hal tentang proses bagaimana bintang dan sistem planet terbentuk dari awan gas dan debu yang runtuh. Para astronom telah secara langsung mengamati cakram protoplanet, katai coklat , gerakan gas yang intens dan bergejolak , dan efek foto-pengion dari bintang-bintang besar di dekatnya di nebula.



tentang nebula orion


Kita lanjutkan tentang nebula orion terdekat dengan bumi tentang faktanya yaitu;
  • Nebula Orion adalah awan gas dan debu yang sangat besar sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di konstelasi Orion.
  • Jaraknya sekitar 25 tahun cahaya dan merupakan wilayah pembentukan bintang terdekat ke Bumi.
  • Nebula Orion adalah sarang aktivitas pembentukan bintang, sebagai hasilnya Nebula Orion telah memberi kita pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana bintang-bintang terbentuk.
  • Banyak bintang di Nebula Orion memiliki cakram puing di sekelilingnya, yang menunjukkan awal mula pembentukan planet.
  • Nebula Orion berisi gugus bintang Trapezium, sekelompok ketat bintang masif muda yang memberikan sebagian besar kecerahan nebula.
  • Selain dari area di dalam dan di sekitar pusat kota besar, Nebula Orion dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Nebula Orion sebenarnya adalah bagian dari nebula yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai Kompleks Awan Molekuler Orion.
  • Pada tahun 1880 Orion Nebula menjadi objek pertama dari jenisnya yang akan difoto, gambarnya diambil oleh astronom amatir Amerika William Huggins.


tentang nebula orion


Penemuan Nebula Orion

Meskipun Nebula Orion dapat dilihat dengan mata telanjang, tidak ada yang menyebutkannya dalam teks kuno. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa kecerahan nebula mungkin merupakan fenomena baru, mungkin karena pembentukan bintang baru. Pengamatan terekam pertama dari Orion Nebula tidak muncul sampai 1610, dan ini berkat teleskop yang ditemukan dua tahun sebelumnya. Dengan menggunakan teleskopnya, astronom Prancis Peiresc memperhatikan nebula difus dan mencatat pengamatannya, oleh karena itu ia dikreditkan dengan penemuannya.

Sepanjang abad ke-17, banyak orang lain yang secara mandiri menemukan Nebula Orion termasuk astronom Belanda terkenal Christiaan Huygens. Pada tahun 1774, astronom Prancis Charles Messier memasukkan Nebula Orion ke dalam katalog objek luar angkasa yang sekarang terkenal, menamakannya Messier 42 atau M42, sebuah tag yang masih banyak digunakan hingga saat ini oleh para astronom profesional dan amatir.



tentang nebula orion


Lokasi

Nebula Orion sangat mudah ditemukan dan dilihat. Nebula ditemukan di konstelasi Orion yang sangat terang dan mudah dikenali. Di tengah konstelasi, tiga bintang membentuk Sabuk Orion, tepat di sebelah selatan sabuk Anda akan melihat tiga bintang yang lebih redup dalam satu garis, bintang tengah sebenarnya adalah Nebula Orion dan tampak dengan mata telanjang sebagai noda samar. Cara lain untuk menemukan nebula adalah dengan menemukan bintang yang sangat terang Betelgeuse yang menandai bahu kiri atas Orion, menarik garis ke bawah melalui bintang paling timur di Sabuk Orion dan itu juga akan membawa Anda ke target Anda.

Dengan teleskop atau teropong apapun anda akan bisa melihat beberapa detail yang menarik, bahkan di daerah dengan polusi cahaya, tentunya semakin baik teleskopnya semakin spektakuler pemandangannya. Nebula Orion adalah favorit besar di antara astronom amatir dan setiap kali Anda melihatnya, Anda akan melihat sesuatu yang berbeda.

Statistik

Juga Dikenal Sebagai: Messier 42, M42, NGC 1976
Jarak dari Bumi: 1.300 tahun cahaya
Jenis Nebula: Emisi Nebula
Konstelasi: Orion
Span: 25 tahun cahaya
Besaran Besar: +4.0
Tanggal Penemuan: 1610



tentang nebula orion


Pembentukan bintang

Nebula Orion adalah contoh dari kamar bayi bintang di mana bintang-bintang baru sedang lahir. Pengamatan nebula telah mengungkapkan sekitar 700 bintang dalam berbagai tahap pembentukan di dalam nebula.
Bintang terbentuk ketika gumpalan hidrogen dan gas lainnya di wilayah H II berkontraksi di bawah gravitasinya sendiri. Sebagai gas runtuh, rumpun pusat tumbuh lebih kuat dan gas memanaskan suhu ekstrim dengan mengubah energi potensial gravitasi untuk energi panas . Jika suhu menjadi cukup tinggi, fusi nuklir akan menyala dan membentuk protobintang . Protobintang 'lahir' ketika mulai memancarkan energi radiasi yang cukup untuk menyeimbangkan gravitasi dan menghentikan keruntuhan gravitasi .

Biasanya, awan material tetap berada pada jarak yang cukup jauh dari bintang sebelum reaksi fusi menyala. Awan sisa ini adalah cakram protoplanet protobintang, tempat planet dapat terbentuk. Pengamatan infra merah baru-baru ini menunjukkan bahwa butiran debu di cakram protoplanet ini tumbuh, dimulai dari jalur menuju pembentukan planetesimal.


tentang nebula orion


Evolusi

Awan antarbintang seperti Nebula Orion ditemukan di seluruh galaksi seperti Bima Sakti . Mereka mulai sebagai gumpalan hidrogen dingin dan netral yang terikat secara gravitasi, bercampur dengan jejak elemen lain. Awan tersebut dapat mengandung ratusan ribu massa matahari dan meluas selama ratusan tahun cahaya. Gaya gravitasi yang sangat kecil yang dapat menyebabkan awan runtuh diimbangi dengan tekanan yang sangat lemah dari gas di awan.

Baik karena tumbukan dengan lengan spiral, atau melalui gelombang kejut yang dipancarkan dari supernova , atom diendapkan menjadi molekul yang lebih berat dan hasilnya adalah awan molekul. Hal ini menunjukkan pembentukan bintang di dalam awan, yang biasanya diperkirakan terjadi dalam jangka waktu 10–30 juta tahun, saat wilayah melewati massa Jeans dan volume yang tidak stabil runtuh menjadi cakram. Disk berkonsentrasi pada inti untuk membentuk sebuah bintang, yang mungkin dikelilingi oleh piringan protoplanet. Ini adalah tahap evolusi nebula saat ini, dengan bintang tambahan yang masih terbentuk dari awan molekul yang runtuh. Bintang termuda dan paling terang yang sekarang kita lihat di Nebula Orion diperkirakan berusia kurang dari 300.000 tahun, dan yang paling cemerlang mungkin hanya berusia 10.000 tahun.

Sekian dulu materi kita tentang nebula orion terdekat dengan bumi yang telah kita bahas pada postingan kali ini, selengkapnya bisa disimak video yang telah kami buatkan diatas, Jika kalian membutuhkan artikel ini bisa di download dan file nya pdf dan bisa dibaca seperti membaca ebook silahkan di klik saja tentang nebula orion terdekat dengan bumi untuk mendapatkan filenya.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...